8/01/2015

Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu

Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu

Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu
Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu - Penderita batu empedu dari tahun ke tahun selalu bertambah. Padahal, kondisi ini bisa dicegah. Salah satunya adalah dengan menjalankan pola hidup sehat termasuk memperhatikan asupan makanannya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas pantangan makanan untuk penderita batu empedu. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu banyak penderita batu empedu untuk mendapatkan kesembuhan.


Daftar Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu


Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu
Mengetahui makanan yang harus dihindari akan mengurangi rasa tidak nyaman dan dapat mencegah pembentukan batu empedu baru. Selain itu, menjaga pantangan makanan dapat membantu memaksimalkan kerja obat. Dengan begitu proses penyembuhan dapat berjalan lebih cepat. Dan dibawah ini beberapa pantangan makanan untuk penderita batu empedu yang harus diketahui. Diantaranya:

  1. Hindari konsumsi susu tinggi lemak dan juga olahannya seperti keju, yoghurt, es krim, krim kental dan asam krim yang mengandung kadar tinggi lemak hewani, yang berhubungan untuk komplikasi kantong empedu
  2. Hindari konsumsi daging merah seperti daging sapi, daging kambing, daging babi, dll. Makan daging yang berlemak dapat mengiritasi batu empedu dan memperparah keluhan
  3. Hindari konsumsi makanan berbahan halus. Seperti: roti putih, pasta tepung halus, beras putih dan gula rafinasi
  4. Hindari konsumsi telur. Selain memiliki kandungan kolesterol tinggi, konsumsi telur juga dapat memicu serangan kantong empedu dalam persentase yang tinggi pada kelompok orang yang memiliki alergi
  5. Hindari konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng (gorengan). Lemak jenuh pada minyak sayur, margarine, dan lemak hewani lainnya dapat memperburuk rasa sakit batu empedu dan memberikan ketidaknyamanan
  6. Hindari konsumsi makanan olahan, fastfood, alkohol, kafein, soda, makanan pedas,  jagung, bawang dan kacang-kacangan.

Itulah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita batu empedu. Selain mematuhi pantangan makanan untuk penderita batu empedu di atas, kami sarankan Anda untuk istirahat yang cukup dan sesekali melakukan olahraga yang ringan. Minimal 1-2 kali dalam seminggu selama 45 menit.

Terima kasih banyak sudah berkunjung. Semoga artikel "Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu" di atas bermanfaat untuk semua.